Selasa, 31 Agustus 2010

Macam – macam definisi jenis pakaian

Macam – macam definisi jenis pakaian:
  • Blus


Kata blus umumnya menuju kepada pakaian wanita. Blus biasanya terbuat dari katun atau sutra dengan atau tanpa kerah dan lengan. Kebanyakan lebih banyak jahitan daripada atasan yang sederhana, dan bisa mempunyai detail-detail yang lebih feminim seperti lipatan-lipatan, dasi-dasi, pita pada leher, embroideri atau kancing-kancing dekoratif. Blus sederhana dengan rok dan celana/jeans adalah pakaian standar untuk kaum wanita di kantor-kantor.

  • Bolero

Bolero adalah semacam jaket yang pas di badan dengan ukuran setengah dada dan terbuka di bagian depan, bisa lengan pendek atau panjang. Kata bolero berasal dari tarian Spanyol yang memiliki langkah dan berhenti yang dramatis.

  • Cardigan

Cardigan adalah semacam jaket yang terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi dengan kancing atau ritsleting. Nama cardigan berasal dari James Thomas Brudenell, Earl of Cardigan, seorang kommandan militer Ingris. Cardigan ini dapat dibuat menggunakan mesin atau manual dari bahan wol atau katun.

  • Hoodie

Hoodie pada dasarnya sweater dengan topi. Kebanyakan didisain dengan saku di depan dan tali untuk menyesuaikan topinya. Hoodies bisa dibuka di depan dengan kancing atau seleting. Gaya modern hoodies berasal dari pengembangan pakaian formal pastor katolik pada abad pertengahan. Sekarang hoodies digemari sebagai pakaian atasan pada budaya hip hop, pemain skateboard dan peselancar.

  • Tanktop

Tank top (Tanktop) atau Tanktop adalah pakaian yang diproduksi tanpa lengan dipakai oleh wanita. Tank top terkenal sebagai pakaian kasual untuk cuaca panas. Namanya berasal dari kata Bahasa Inggris 'swimming tank' yang adalah ungkapan lama yang sekarang berarti kolam renang.

  • Sweater

Sweater, pullover, jumper atau jersey adalah pakaian yang umumnya berat untuk menutupi badan dan lengan. Biasanya dipakai di atas kemeja, blus atau kaos. Sweater terbuat dari kain wool, katun, benang sintetis atau campurannya. Perbedaan dasar adalah antara cardigan (yang terbuka bagian depan) dan pullover (yang tidak terbuka). Kalau sweater tidak ada lengan, umumnya disebut rompi sweater atau tank top. Garmen jenis ini disebut sweater karena didisain untuk menyerap keringat (bahasa ingris: sweat) yang dikeluarkan dari badan orang.

  • Rompi

Rompi adalah pakaian tanpa lengan dan mungkin dilengkapi dengan kancing di depan. Biasanya rompi dikenakan di luar kemeja atau blus dan kadang-kadang sebagai bagian dari tiga potong pakaian, yaitu celana panjang, kemeja dan jas. Rompi juga dinamakan rompi pullover, rompi sweater atau blus tanpa lengan. Kata rompi berasal dari bahasa Perancis yaitu Veste, bahasa Italia Vesta dan bahasa Latin Vestis.

  • Kemeja

Kemeja dari bahasa Portugis camisa, adalah sebuah baju atau pakaian atas, terutama untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut. Nama lain adalah; kamisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya; blus, dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda.

  • Kaus

Kaus oblong atau disebut juga sebagai T-shirt adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaus oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Pada umumnya, kaus oblong berlengan pendek (melewati bahu hingga sepanjang siku) dan berleher bundar. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaus oblong adalah katun atau poliester (atau gabungan keduanya). Mode kaus oblong meliputi mode untuk wanita dan pria. dan dapat dipakai semua golongan usia, termasuk bayi, remaja, ataupun orang dewasa.

Asal muasal nama inggrisnya, T-shirt, tidak diketahui secara pasti. Teori yang paling umum diterima adalah nama T-shirt berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf "T", atau dikeranekan pasukan militer sering menggunakan pakaian jenis ini sebagai "training shirt".

  • Rok

Rok adalah sejenis pakaian dengan bentuk pipa atau kerucut yang cara pemakaiannya dimulai dari pinggul dan menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki. Berbeda dengan celana, bagian dari rok tidak dibagi menjadi bagian kaki kiri dan bagian kaki kanan tetapi langsung menjadi satu bagian yang menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki. Biasanya pakaian ini dipakai oleh wanita, meskipun di beberapa budaya ada juga yang digunakan oleh kaum pria seperti di Skotlandia.

  • Celana

Trousers (dalam bahasa Inggris) adalah pakaian luar yang menutupi badan dari pinggang ke mata kaki dalam dua bagian yang terpisah. Celana telah dipakai oleh pria dalam bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya, sejak zaman dahulu kala.

Selama perang Dunia II banyak wanita mengambil alih pekerjaan pria, sehingga mengharuskannya mengenakan celana untuk bekerja di pabrik-pabrik dan ladang-ladang. Tetapi setelah perang usai, wanita tetap menyukai menggunakan celana sebagai busana santai. Revolusi celana baru betul-betul tiba pada tahun 1960-an, dengan timbulnya mode/fashion yang dinamankan unisex, meskipun pada waktu itu wanita yang memakai celana masih seringkali ditolak, dan segala persoalan masih menjadi perdebatan yang menjengkelkan.

Akan tetapi, pada tahun 1970-an peraturan-peraturan serta tingkah laku masyarakat lambat laun berubah menjadi tenang. Celana dengan model serta panjangnya yang bervariasi telah diterima sebagai bagian dari busana wanita, baik untuk perlengkapan casual (santai) maupun formal.

Pada tahun 1980-an, perjuangan wanita untuk memakai celana secara keseluruhan telah hampir mencapai kemenangan, walaupun masih ada perlawanan dari sebagian kalangan masyarakat, khususnya berkenaan dengan ide agar wanita mendapat kebebasan untuk mengenakan celana kekantor.

1 komentar: